Melakukan Hitung Mundur Shutdown lewat Command Run

Windows run adalah fitur pada Windows yang dapat diakses dari Start menu windows, atau dengan shortcut windows-key + ‘R’.
Salah satu dari perintah yang berguna di windows run adalah perintah shutdown. Fungsi perintah ini sebenarnya sama dgn fungsi tombol shutdown pada start menu, yaitu untuk mematikan/merestart komputer. Tetapi terdapat perbedaan shutdown dgn cara ini dan shutdown biasa. Dengan cara ini, kita memiliki pilihan tentang cara menshutdown yang akan kita pakai, yaitu dengan cara menambahkan argumen dibelakang kata2 shutdown, misalnya ketik “shutdown –r” untuk merestart atau “shutdown –f” agar shutdown tidak menanyakan konfirmasi dan langsung menutup semua program yg berjalan saat menshutdown atau “shutdown –t 300” untuk perintah menshutdown komputer 300 detik dari sekarang. Yang unik kita dapat menggabungkan semua option yang ada, misalnya dengan “shutdown –r –t 300” yang artinya restart komputer 300 detik lagi.

Daftar lengkap argumen yang digunakan untuk perintah shutdown adalah sebagai berikut:
Usage: shutdown [-i | -l | -s | -r | -a] [-f] [-m \\computername] [-t xx] [-c "comment"] [-d up:xx:yy]
No args Display this message (same as -?) -i Display GUI interface, must be the first option -l Log off (cannot be used with -m option) -s Shutdown the computer -r Shutdown and restart the computer -a Abort a system shutdown -m \\computername Remote computer to shutdown/restart/abort -t xx Set timeout for shutdown to xx seconds -c “comment” Shutdown comment (maximum of 127 characters) -f Forces running applications to close without warning -d [u][p]:xx:yy The reason code for the shutdown u is the user code p is a planned shutdown code xx is the major reason code (positive integer less than 256) yy is the minor reason code (positive integer less than 65536)
Perintah shutdown ini cukup berguna, terutama argumen “-t (detik)”-nya. Dengan argumen tersebut orang2 yang sering terlupa mematikan komputer, dapat mengeset untuk mematikan komputer untuk beberapa jam kemudian sewaktu mereka masih tidak lupa untuk mematikan. Atau bagi yang terbiasa tidur malam diiringi dengan alunan musik dari musik player yang dipasang dikomputer, tinggal ketik “shutdown –s –t 1800” pada windows run, agar komputer tersebut dapat mati dengan sendirinya, disaat kita sudah terlelap. Lumayankan, jadi bisa hemat listrik sehingga dapat ikut berperan dalam mencegah proses pemanasan global. ^_^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar